Mochamad Ryzal . Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 23 Maret 2017

Tag:

Manajemen Kepelatihan dan Manajemen Kepelatihan




·         Definisi Manajemen

Menurut Lawrence A.Appley Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahawa kata manajemen mempunyai 2(dua) arti yaitu 1). Proses Penggunaan sumber daya alam secara efektif utuk mencapai sasaran, 2). Pejabat pimpinan yang bertangung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Kata manajemen sering juga disinonimkan dengan kata pengelolaan, dan dalam KBBI pengertian pengelolaan itu jelas tampak mempunyai kemiripan makna dengan kata manaajemen. Intinya dari manajeman ialah 1.) proses, cara, perbuatan, mengelola 2). Proses melakukan kegiatan tertentu dengan menggerakan tenaga orang lain. 3). Proses yang membantu merumuskan kebijakan dan tujuan oranisasi proses yang memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakasanaan dan pencapaian tujuan.

·         Definisi Manajemen Kepelatihan

Management training is training activity that focuses on improving an individual’s skills as a leader and manager. There may be an emphasis on soft skills, such as communication and empathy, which enable better team work and more progressive relationships with the people they manage. Leadership skills, such as development a progressive style to engage employees, could also be a focus, although this will probably be called leadership training. (www.hrzone.com/hr-glossary/what-is-management-training)

Management training is the knowledge gained from training that improves leadership, supervising and managing. Skills like handling interpersonal relationships, communicating and handling stress are also gained. Companies may provide their own management training, but other courses and workshops are available (www.ehow.com)

·         Definisi Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan sebagai suatu Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yang berupa man, money, materials, method, machines, market, minute dan information untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.





Kesimpulannya adalah Manajemen itu mempunyai 4 fungsi yaitu Planning, Organization, Actuating dan Controling. Yang tadi adalah elemen-elemen dasar yang menjadi acuan untuk dalam melaksanakan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien, kemudian manajemen inilah yang dapat membatu semua aktifittas dalam membantu mencapai tujuan dengan menggunakan 4 fungsi tadi, lalu manajemen ini lah yang dapat menjadi patokan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang akan kita bahas, yaitu manajemen kepelatihan dan manajemen pendidikan, dari kedua ini sangat berbeda ruang lingkupnya masing masing, mulai dari Manajemen Kepelatihan yaitu fungsi dari manajemen kepelatihan semua kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja peserta didik pada pekerjaan yang sedang atau yang akan di hadapi Jadi  manajemen kepelatihan membuat suatu kepelatihan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan, namun dengan proporsi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diberikan itu tidak sama, karena tujuan spesifikasinya yang berbeda. Kemudian Manajemen Pendidikan berjalan di ranah kependidikan atau memanusiakan manusia ke yang lebih baik dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yang berupa, orang, keuangan, metode, mesin, pasar, waktu, menit dan informasi agar dapat memecahkan masalah- masalah yang dihadapi dan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan ,Jadi Manajemen pendidikan bentuk usaha sadar dalam membentuk suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkanpotensi dirinya untuk memiliki banyak pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menunjang kehidupannya.



Manajemen Kepelatihan
Manajemen Pendidikan
Manajemen
Yaitu proses pengisian kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang dengan tuntutan pekerjaannya atau kewajiban dalam menguasai suatu keahlian untuk tututan pekerjaan
Yaitu proses belajar untuk keperluan didalam bidang pendidikan dalam meningkatkan produktivitas kerja agar dapat memecahkan masalah-masalah yang dihapi nantinya,
Manajemen berfungsi sebagai elemen-elemen dasar dalam memanage suatu bidang kajian tertentu yaitu planning, organization, actuating dan controling




Refrence





Burhanudin, A. (2012). Opini Pendidikan. Retrieved from Opini Pendidikan: https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/17/pengertian-fungsi-dan-ruang-lingkup-manajemen-pendidikan/

Dr, A. J. (2004). Manajemen Bimbingan Konseling Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo.

Griffin, R. W. (2002). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Ida Nuraeni, M. E. (2012). Manajemen Pelatiihan. Retrieved from ManaJemen Pelatihan: http://repository.ut.ac.id/4457/1/LUHT4328-M1.pdf

Priadi Surya, M. (2014). Manajemen Pelatihan . Retrieved from Staff UNY: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Priadi%20Surya,%20S.Pd.,%20M.Pd./MANAJEMEN%20DIKLAT.pdf



About mchmryzal

Hallo , Nama saya Mochamad Ryzal, saya seseorang yang mempunyai hobi yang banyak tapi setengah-setengah kayak orangnya, saya sangat menyukai bidang multimedia terutama video maker , desainer, dan masih banyak lagi, dan bidang keilmuan yang saya geluti sekarang adalah di bidang teknolog pendidikan yaitu suatu bidang keimuan yang mempelajari bagaimana cara nya belajar dengan baik. hehe dah ^-^.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About