·
Definisi Manajemen
Menurut Lawrence
A.Appley Manajemen adalah seni untuk mencapai tujuan tertentu yang
dilakukan oleh orang lain/usaha orang lain. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia
(KBBI) menjelaskan bahawa kata manajemen mempunyai 2(dua) arti yaitu 1). Proses
Penggunaan sumber daya alam secara efektif utuk mencapai sasaran, 2). Pejabat
pimpinan yang bertangung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Kata
manajemen sering juga disinonimkan dengan kata pengelolaan, dan dalam KBBI
pengertian pengelolaan itu jelas tampak mempunyai kemiripan makna dengan kata
manaajemen. Intinya dari manajeman ialah 1.) proses, cara, perbuatan, mengelola
2). Proses melakukan kegiatan tertentu dengan menggerakan tenaga orang lain.
3). Proses yang membantu merumuskan kebijakan dan tujuan oranisasi proses yang
memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan
kebijakasanaan dan pencapaian tujuan.
·
Definisi Manajemen
Kepelatihan
Management training is training activity that focuses on
improving an individual’s skills as a leader and manager. There may be an
emphasis on soft skills, such as communication and empathy, which enable better
team work and more progressive relationships with the people they manage. Leadership
skills, such as development a progressive style to engage employees, could also
be a focus, although this will probably be called leadership training. (www.hrzone.com/hr-glossary/what-is-management-training)
Management training is the knowledge gained from training
that improves leadership, supervising and managing. Skills like handling interpersonal
relationships, communicating and handling stress are also gained. Companies may
provide their own management training, but other courses and workshops are
available (www.ehow.com)
·
Definisi Manajemen
Pendidikan
Manajemen Pendidikan sebagai suatu Proses perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yang
berupa man, money, materials, method, machines, market, minute dan information
untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan.
Kesimpulannya adalah Manajemen itu mempunyai 4 fungsi
yaitu Planning, Organization, Actuating dan Controling. Yang tadi
adalah elemen-elemen dasar yang menjadi acuan untuk dalam melaksanakan untuk
mencapai tujuan yang efektif dan efisien, kemudian manajemen inilah yang dapat
membatu semua aktifittas dalam membantu mencapai tujuan dengan menggunakan 4
fungsi tadi, lalu manajemen ini lah yang dapat menjadi patokan dalam
menyelesaikan masalah-masalah yang akan kita bahas, yaitu manajemen kepelatihan
dan manajemen pendidikan, dari kedua ini sangat berbeda ruang lingkupnya masing
masing, mulai dari Manajemen Kepelatihan yaitu fungsi dari manajemen kepelatihan
semua kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja peserta didik pada
pekerjaan yang sedang atau yang akan di hadapi Jadi manajemen kepelatihan membuat suatu
kepelatihan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan,
namun dengan proporsi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diberikan itu
tidak sama, karena tujuan spesifikasinya yang berbeda. Kemudian Manajemen
Pendidikan berjalan di ranah kependidikan atau memanusiakan manusia ke
yang lebih baik dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
pengawasan dalam mengelola sumber daya yang berupa, orang, keuangan, metode,
mesin, pasar, waktu, menit dan informasi agar dapat memecahkan masalah- masalah
yang dihadapi dan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam bidang
pendidikan ,Jadi Manajemen pendidikan bentuk usaha sadar dalam membentuk
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mampu
mengembangkanpotensi dirinya untuk memiliki banyak pengetahuan, sikap dan
keterampilan untuk menunjang kehidupannya.
Manajemen Kepelatihan
|
Manajemen Pendidikan
|
Manajemen
|
Yaitu proses pengisian kesenjangan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang dengan tuntutan pekerjaannya
atau kewajiban dalam menguasai suatu keahlian untuk tututan pekerjaan
|
Yaitu proses belajar untuk keperluan
didalam bidang pendidikan dalam meningkatkan produktivitas kerja agar dapat
memecahkan masalah-masalah yang dihapi nantinya,
|
Manajemen berfungsi sebagai
elemen-elemen dasar dalam memanage suatu bidang kajian tertentu yaitu
planning, organization, actuating dan controling
|
Refrence
Burhanudin, A. (2012). Opini Pendidikan.
Retrieved from Opini Pendidikan:
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/17/pengertian-fungsi-dan-ruang-lingkup-manajemen-pendidikan/
Dr, A. J. (2004). Manajemen Bimbingan Konseling Sekolah Dasar.
Jakarta: Grasindo.
Griffin, R. W. (2002). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gelora
Aksara Pratama.
Ida Nuraeni, M. E. (2012). Manajemen Pelatiihan. Retrieved from
ManaJemen Pelatihan: http://repository.ut.ac.id/4457/1/LUHT4328-M1.pdf
Priadi Surya, M. (2014). Manajemen Pelatihan . Retrieved from
Staff UNY:
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Priadi%20Surya,%20S.Pd.,%20M.Pd./MANAJEMEN%20DIKLAT.pdf
About mchmryzal
Hallo , Nama saya Mochamad Ryzal, saya seseorang yang mempunyai hobi yang banyak tapi setengah-setengah kayak orangnya, saya sangat menyukai bidang multimedia terutama video maker , desainer, dan masih banyak lagi, dan bidang keilmuan yang saya geluti sekarang adalah di bidang teknolog pendidikan yaitu suatu bidang keimuan yang mempelajari bagaimana cara nya belajar dengan baik. hehe dah ^-^.
0 komentar:
Posting Komentar