Artikel Hasil Pengamatan Forum Group Discussion Facebook
sebagai Difusi Inovasi pada Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
A.
Pendahuluan
1.
Latar Belakang
Saat
ini semua orang sudah mudah untuk mendapatkan informasi yang terpercaya hanya
melalui smartphone saja dan juga dapat berinteraksi melalui social media yang memudah
kan seseorang untuk berinteraksi tanpa harus melakukan tatap muka langsung
kepada lawan bicaranya, namun dengan adanya social media yang dapat memudahkan
seseorang untuk berinteraksi dan juga dapat berdiksusi lebih dari 2 orang atau
dengan grup diskusi tanpa harus melakukan pertemuan langsung di dalam suatu
ruangan, jadi media sosial dapat membantu untuk memudahkan seseorang dalam
mencari informasi dan membantu seseorang untuk berdiskusi tanpa melakukan
sebuah pertemuan.
Namun media sosial yang sekarang ini
sudah banyak di gunakan oleh sebagian orang untuk mekakuakn tindak kejahatan,
melakukan peniuan, menyebarkan berita hoax/pembohongan untuk kepentingan
pribadinya di bandingkan untuk digunakan sebagai media untuk di melakukan
diskusi atau mencari pengetahuan positif yang ada di media sosial.
Penggunaan sumber belajaran media
sosial adalah salah satu untuk menunjang keberhasilan sebuah tujuan
pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan grup facebook semua orang
dapat berdiskusi dan bertukan pikiran seputar pengetahuan yang di gelutinya,
seperti yang di lakukan nya saat ini di UNJ yaitu Program Studi Teknologi
Pendidikan yang memanfaatkan grup face book untuk berdiskusi mengenai Divusi
Inovasi Pendidikan yang menggunakan media sosial facebook untuk berdiskusi
antara dosen dan peserta didiknya.
2.
Pertanyaan surfei
-
Apakah Forum Group Discussion
DIP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini? Kalau anda jawab “YES”, atau
“NO” atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers &
Reigeluth.
-
Hitung dan tabulasi
berapa jumlah anggota yang menjawab dan tidak menjawab.
-
Hitung dan tabulasi
dari jumlah anggota yang menjawab, berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES
& NO”.
-
Kategorisasi /
klasifikasi serta hitung frekuensi berdasarkan alasan jawaban.
3.
Tujuan dan Manfaat
a.
Tujuan
-
Untuk mengetahui
tingkat keaktifan mahasiswa di dalam Forum Group Discussion Facebook pada Mata
Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
b.
Manfaat
-
agar dosen mengetahui
keatifan peserta didiknya di dalam Forum Group Discussion Facebook Divusi
inovasi Pendidikan
-
sebagai media untuk
berdiskusi antara dosen dan peserta didik
-
4.
Renponded Survei dan Teknik Survei
Mahasiswa
Teknologi Pendidikan Kelas b 2015 semester 106 yang mengikuti mata kuliah
Difusi Inovasi Pendidikan dan bergabung dalam Forum Group Discussion Facebook,
berjumlah 39 orang.
Teknik
survei yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Menentukan
jumlah mahasiswa yang berkomentar dan yang tidak berkomentar pada pertanyaan
pertama yang diajukan dosen.
b. Dari
jumlah komentar mahasiswa, dikelompokan menurut jawaban “YES”, “NO”, dan “YES
& NO”, serta menentukan jumlah mahasiswanya.
c. Dari
masing-masing jawaban yang sama, dikelompokan kembali berdasarkan alasan yang
sama, serta menentukan jumlah mahasiswanya.
d. Menyajikan data hasil survei tersebut dalam
bentuk tabel dan grafik.
e. Memberikan analisis serta kesimpulan
berdasarkan data yang diperoleh.
B. Hasil survei
Dibawah ini adalah hasil
survei dengan menggunakan Chart Creative dengan penggabungan antara survey yang
tepat dan akurat.
1.
Data mahasiswa yang menjwab dan yang tiddak
menjawab
2.
Data mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO” dan “YES&NO”
berdasarkan teori rogers
3.
Data ,mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO” dan
“YES&NO” berdsarkan teori reigluth
4.
Klasifikasi jawaban dan alasan mahasiswa
Forum Group Discussion berdasarkan teori Rogers
5.
Klasifikasi jawaban dan alasan mahasiswa
Forum Group Discussion berdasarkan teori Reigeluth
*chart
creative dengan penggabungan dengan survey yang lainnya.
C. Pembahasan\
Dari
hasil data yang diperoleh, dapat diketahui tingkat keaktifan atau mahasiswa
yang aktif menjawab dalam diskusi tersebut sebanyak 51% (20 orang) sedangkan
yang tidak aktif atau mahasiswa yang tidak menjawab sebanyak 49% (19 orang). Dari
data mahasiswa yang tidak aktif menjawab tersebut dapat terjadi beberapa
kemungkinan, yaitu:
-
Terkendala masalah teknis (tidak ada sarana
pendukung seperti komputer, laptop atau handphone, tidak ada jaringan internet)
-
Terkendala masalah informasi (mahasiswa tidak
mengetahui adanya postingan atau forum diskusi yang terbaru)
-
Kurangnya kesadaran untuk ikut berpartisipasi
dalam forum diskusi
Terdapat
banyak alasan yang membuat mereka menjawab “YES”, “NO”, atau “YES & NO”.
Berdasarkan teori Rogers bahwa inovasi merupakan suatu gagasan, praktek, atau
benda yang dianggap atau dirasa baru oleh individu. Dari teori ini, sebanyak 20%
menjawab “YES” karena bagi mereka merupakan hal yang baru menggunakan Facebook
sebagai forum diskusi pada perkuliahan. Sebanyak 20% menjawab “NO”, mereka
berpendapat bahwa Facebook bukanlah hal yang baru bagi mereka, karena
sebelumnya mereka pernah menggunakan Facebook dalam kegiatan pembelajaran
sewaktu SMA. Dan sebanyak 60% menjawab “YES & NO”, karena mereka menganggap
semua tergantung dari individu itu sendiri.
Sedangkan
berdasarkan teori Reigeluth bahwa inovasi merupakan perubahan menyeluruh dan
berkelanjutan. Mahasiswa yang menjawab “YES” sebanyak 10%, berpendapat bahwa
forum grup Facebook ini bertujuan untuk memperbarui sistem yang lama dan dapat
melibatkan mahasiswa secara aktif. Bagi mahasiswa yang menjawab “NO” sebanyak
10%, berpendapat bahwa forum ini tidak bersifat menyeluruh dan berkelanjutan.
Sedangkan mahasiswa yang menjawab “YES & NO” sebanyak 80% berpendapat bahwa
forum ini melibatkan mahasiswa secara aktif, akan tetapi sifatnya tidak
menyeluruh dan berkelanjutan.
D. Kesimpulan
Dari
hasil pembahasan survei tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
beberapa klasifikasi jawaban mahasiswa yang didasarkan pada teori Rogers dan
Reigeluth. Didasarkan teori Rogers lebih banyak mahasiswa yang menjawab “YES”,
sedangkan didasarkan pada teori Reigeluth lebih banyak yang menjawab “YES &
NO”. Lebih dari 60 % mahasiswa telah berperan aktif mengikuti forum grup
diskusi ini.
Penggunaan
Facebook dalam mata kuliah DIP ini merupakan hal yang sangat membantu dalam
meningkatkan keaktifan mahasiswa, akan tetapi dalam penerapannya juga harus
memperhatikan teknis-teknis yang dapat menghambat mahasiswa. Selain itu agar
forum ini dapat terus berkelanjutan, akan lebih baik jika forum ini digunakan
kembali oleh mahasiswa angkatan selanjutnya, sehingga grup yang digunakan tetap
sama.
E. Daftar Pustaka
Rogers, Everett M. (1983).
Diffusion of Innovation. Canada: The Free Press, A Division of Macmillan
Publishing Co., Inc. New York
About mchmryzal
Hallo , Nama saya Mochamad Ryzal, saya seseorang yang mempunyai hobi yang banyak tapi setengah-setengah kayak orangnya, saya sangat menyukai bidang multimedia terutama video maker , desainer, dan masih banyak lagi, dan bidang keilmuan yang saya geluti sekarang adalah di bidang teknolog pendidikan yaitu suatu bidang keimuan yang mempelajari bagaimana cara nya belajar dengan baik. hehe dah ^-^.
0 komentar:
Posting Komentar