Mochamad Ryzal . Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 10 Juli 2017

Tag:

Artikel Hasil Pengamatan Forum Group Discussion Facebook sebagai Difusi Inovasi pada Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan

Artikel Hasil Pengamatan Forum Group Discussion Facebook sebagai Difusi Inovasi pada Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
A.   Pendahuluan
1.    Latar Belakang
Saat ini semua orang sudah mudah untuk mendapatkan informasi yang terpercaya hanya melalui smartphone saja dan juga dapat berinteraksi melalui social media yang memudah kan seseorang untuk berinteraksi tanpa harus melakukan tatap muka langsung kepada lawan bicaranya, namun dengan adanya social media yang dapat memudahkan seseorang untuk berinteraksi dan juga dapat berdiksusi lebih dari 2 orang atau dengan grup diskusi tanpa harus melakukan pertemuan langsung di dalam suatu ruangan, jadi media sosial dapat membantu untuk memudahkan seseorang dalam mencari informasi dan membantu seseorang untuk berdiskusi tanpa melakukan sebuah pertemuan.
           
            Namun media sosial yang sekarang ini sudah banyak di gunakan oleh sebagian orang untuk mekakuakn tindak kejahatan, melakukan peniuan, menyebarkan berita hoax/pembohongan untuk kepentingan pribadinya di bandingkan untuk digunakan sebagai media untuk di melakukan diskusi atau mencari pengetahuan positif yang ada di media sosial.

            Penggunaan sumber belajaran media sosial adalah salah satu untuk menunjang keberhasilan sebuah tujuan pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan grup facebook semua orang dapat berdiskusi dan bertukan pikiran seputar pengetahuan yang di gelutinya, seperti yang di lakukan nya saat ini di UNJ yaitu Program Studi Teknologi Pendidikan yang memanfaatkan grup face book untuk berdiskusi mengenai Divusi Inovasi Pendidikan yang menggunakan media sosial facebook untuk berdiskusi antara dosen dan peserta didiknya.

2.     Pertanyaan surfei
-          Apakah Forum Group Discussion DIP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini? Kalau anda jawab “YES”, atau “NO” atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.
-          Hitung dan tabulasi berapa jumlah anggota yang menjawab dan tidak menjawab.
-          Hitung dan tabulasi dari jumlah anggota yang menjawab, berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”.
-          Kategorisasi / klasifikasi serta hitung frekuensi berdasarkan alasan jawaban.

3.    Tujuan dan Manfaat
a.    Tujuan
-          Untuk mengetahui tingkat keaktifan mahasiswa di dalam Forum Group Discussion Facebook pada Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
b.    Manfaat
-          agar dosen mengetahui keatifan peserta didiknya di dalam Forum Group Discussion Facebook Divusi inovasi Pendidikan
-          sebagai media untuk berdiskusi antara dosen dan peserta didik
-           
4.    Renponded Survei dan Teknik Survei
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Kelas b 2015 semester 106 yang mengikuti mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan dan bergabung dalam Forum Group Discussion Facebook, berjumlah 39  orang.
Teknik survei yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.    Menentukan jumlah mahasiswa yang berkomentar dan yang tidak berkomentar pada pertanyaan pertama yang diajukan dosen.
b.    Dari jumlah komentar mahasiswa, dikelompokan menurut jawaban “YES”, “NO”, dan “YES & NO”, serta menentukan jumlah mahasiswanya.
c.    Dari masing-masing jawaban yang sama, dikelompokan kembali berdasarkan alasan yang sama, serta menentukan jumlah mahasiswanya.
d.     Menyajikan data hasil survei tersebut dalam bentuk tabel dan grafik.
e.     Memberikan analisis serta kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh.



B.   Hasil survei
Dibawah ini adalah hasil survei dengan menggunakan Chart Creative dengan penggabungan antara survey yang tepat dan akurat.
1.    Data mahasiswa yang menjwab dan yang tiddak menjawab
2.    Data mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO” dan “YES&NO” berdasarkan teori rogers
3.    Data ,mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO” dan “YES&NO” berdsarkan teori reigluth
4.    Klasifikasi jawaban dan alasan mahasiswa Forum Group Discussion berdasarkan teori Rogers
5.    Klasifikasi jawaban dan alasan mahasiswa Forum Group Discussion berdasarkan teori Reigeluth

*chart creative dengan penggabungan dengan survey yang lainnya.
C.   Pembahasan\
Dari hasil data yang diperoleh, dapat diketahui tingkat keaktifan atau mahasiswa yang aktif menjawab dalam diskusi tersebut sebanyak 51% (20 orang) sedangkan yang tidak aktif atau mahasiswa yang tidak menjawab sebanyak 49% (19 orang). Dari data mahasiswa yang tidak aktif menjawab tersebut dapat terjadi beberapa kemungkinan, yaitu:
-          Terkendala masalah teknis (tidak ada sarana pendukung seperti komputer, laptop atau handphone, tidak ada jaringan internet)
-          Terkendala masalah informasi (mahasiswa tidak mengetahui adanya postingan atau forum diskusi yang terbaru)
-          Kurangnya kesadaran untuk ikut berpartisipasi dalam forum diskusi
Terdapat banyak alasan yang membuat mereka menjawab “YES”, “NO”, atau “YES & NO”. Berdasarkan teori Rogers bahwa inovasi merupakan suatu gagasan, praktek, atau benda yang dianggap atau dirasa baru oleh individu. Dari teori ini, sebanyak 20% menjawab “YES” karena bagi mereka merupakan hal yang baru menggunakan Facebook sebagai forum diskusi pada perkuliahan. Sebanyak 20% menjawab “NO”, mereka berpendapat bahwa Facebook bukanlah hal yang baru bagi mereka, karena sebelumnya mereka pernah menggunakan Facebook dalam kegiatan pembelajaran sewaktu SMA. Dan sebanyak 60% menjawab “YES & NO”, karena mereka menganggap semua tergantung dari individu itu sendiri.
Sedangkan berdasarkan teori Reigeluth bahwa inovasi merupakan perubahan menyeluruh dan berkelanjutan. Mahasiswa yang menjawab “YES” sebanyak 10%, berpendapat bahwa forum grup Facebook ini bertujuan untuk memperbarui sistem yang lama dan dapat melibatkan mahasiswa secara aktif. Bagi mahasiswa yang menjawab “NO” sebanyak 10%, berpendapat bahwa forum ini tidak bersifat menyeluruh dan berkelanjutan. Sedangkan mahasiswa yang menjawab “YES & NO” sebanyak 80% berpendapat bahwa forum ini melibatkan mahasiswa secara aktif, akan tetapi sifatnya tidak menyeluruh dan berkelanjutan.



D.   Kesimpulan
Dari hasil pembahasan survei tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa klasifikasi jawaban mahasiswa yang didasarkan pada teori Rogers dan Reigeluth. Didasarkan teori Rogers lebih banyak mahasiswa yang menjawab “YES”, sedangkan didasarkan pada teori Reigeluth lebih banyak yang menjawab “YES & NO”. Lebih dari 60 % mahasiswa telah berperan aktif mengikuti forum grup diskusi ini.
Penggunaan Facebook dalam mata kuliah DIP ini merupakan hal yang sangat membantu dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa, akan tetapi dalam penerapannya juga harus memperhatikan teknis-teknis yang dapat menghambat mahasiswa. Selain itu agar forum ini dapat terus berkelanjutan, akan lebih baik jika forum ini digunakan kembali oleh mahasiswa angkatan selanjutnya, sehingga grup yang digunakan tetap sama.
E.   Daftar Pustaka

Rogers, Everett M. (1983). Diffusion of Innovation. Canada: The Free Press, A Division of Macmillan Publishing Co., Inc. New York

About mchmryzal

Hallo , Nama saya Mochamad Ryzal, saya seseorang yang mempunyai hobi yang banyak tapi setengah-setengah kayak orangnya, saya sangat menyukai bidang multimedia terutama video maker , desainer, dan masih banyak lagi, dan bidang keilmuan yang saya geluti sekarang adalah di bidang teknolog pendidikan yaitu suatu bidang keimuan yang mempelajari bagaimana cara nya belajar dengan baik. hehe dah ^-^.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About